Jumlah pelaku UKM di Indonesia mayoritas adalah pelaku usaha mikro dan telah mencapai 57 Juta. Perkembangan UKM dalam menciptakan lapangan kerja, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan munculnya inovasi baru menjadi salah satu indikator positif yang menunjukkan adanya potensi besar dalam menggerakkan ekonomi Indonesia terutama dalam meningkatkan kemakmuran negeri.

BUMN sebagai agent of development telah mengembangkan beberapa insiatif untuk meningkatkan kualitas UKM. Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, Kementerian BUMN bersama perusahaan milik negara membangun Rumah Kreatif BUMN (RKB) sebagai rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UKM Indonesia agar berkualitas.

RKB dibentuk di setiap kota/kabupaten di Indonesia. Tujuannya adalah untuk mendampingi dan mendorong para pelaku UKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha, peningkatan kompetensi, peningkatkan akses pemasaran serta kemudahan akses permodalan. Teknis Pelaksanaan dan tanggung jawab dari RKB di setiap kota menjadi tanggung jawab dari beberapa Badan Usaha Milik Negara yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN.

Secara umum, di RKB terdapat fasilitas berupa :

  1. Ruang Pendaftaran, untuk pendataan sekaligus menyimpan data produk dan profil pelaku UKM (bersifat offline dan online) di kota tersebut,
  2. Ruang Konsultasi dan Pendampingan, digunakan oleh UKM setempat untuk melakukan konsultasi perkembangan usaha kepada petugas yang ditunjuk
  3. Ruang Pelatihan, digunakan untuk menambah dan memperkuat kompetensi diri maupun peningkatan managerial usaha pelaku UKM seperti bisnis dan keuangan, permodalan, segmentasi dan target pasar, proses produksi, pemasaran, total quality management,pelatihan peningkatan kualitas produk, standarisasi bahan baku, standarisasi produksi, bimbingan pengembangan produk baru, packaging, branding, quality control dan bimbingan pendanaan
  4. Ruang Foto, digunakan untuk membantu UKM dalam mempersiapkan gambar yang sesuai dengan kebutuhan dunia online, seperti website, sosial media, maupun market place
  5. Ruang Galeri, digunakan sebagai showcase offline yang bertujuan untuk mempromosikan hasil karya pelaku UKM di setiap kota